Tari Topeng Medley Lima Wanda






    Cirebon nggak hanya terkenal akan udangnya saja lho, namun juga tradisi budayanya, sahabat. Nah, tari-tarian dari kota ini jga dinantikan oleh wisatawan yang datang ke sini, sahabat. Salah satu tarian paling populer dikenal dengan dengan nama tari Topeng. Dulunya, Majalengka, Indramayu, Losari dan Jati barang. Nggak heran jika daerah daerah juga memiliki gaya tari topeng yang hampir mirip.
    Tari topeng Cirebon merupakan salah satu gaya tarik sekaligus pesona budaya yang ada diwilayah Cirebon, Jawa Barat. Bukan hanya wisata bagi wisatawan domestik, tapi juga untuk para turis asing yang ingin tahu seperti apa tari topeng Cirebon itu. Namun, masyarakat Indonesia sendiri sampai saat ini masih ada yang belum mengetahui sejarah dan makna tari topeng Cirebon itu sendiri. Bagi anda yang ingin mengenal bagaimana sejarah dan filosofi tarian tersebut yuk baca sampai lanjut
     Pada masa kejayaan Majapahit, Cirebon dijadikan sebagai pusat penyebaran agama islam oleh Sunan Gunung Jati yang bekerja sama dengan Sunan Kalijaga. Kemudian menggunakan tari topeng Cirebon. Sebagai salah satu media sekaligus upaya dalam menyebarkan agama islam. Dengan konsep yang menghibur di lingkungan keraton ini, maka islam pun bisa di lingkungan keraton ini, maka islam pun bisa disebarkan sesuai visi dan misi mereka.
Memperingati Hari Jadi Sanggar Seni Sekar Pandan
   Sanggar Seni Sekar Pandan yang berlokasi di lingkungan keraton kacirebonan Cirebon sudah menginjak usianya yang ke 27 tahun sanggar seni sekar pandan mengadakan berbagai rangkaian ulang tahun di 2019 dengan menggelar arak-arakan seni budaya Cirebon serta pagelaran seni tari kreasi tradisional, Medley tari Topeng Lima Wanda serta penampilan Wayang Wong yang dibawakan oleh murid dari sanggar seni sekar pandan kota Cirebon, Minggu (7/5/19). Malam
   Dalam prosesi ulang tahun yang digelar minggu malam kemarin, di alun-alun keraton kacirebonan Cirebon yang di hadiri Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat beserta istri serta di hadiri dari pihak Diporbudpar kota Cirebon dan Seniman Budayawan Cirebon.
   Sultan kacirebonan pangeran raja Abdul Gani Natadiningrat mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi adanya sanggar seni sekar pandan ini yang mana sudah melestarikan dan mengembangkan seni budaya Cirebon. Sanggar seni sekar pandan berdiri pada tahun 1992, dan dikelola oleh putra putri daerah keraton kacirebonan.
   Sampai sekarang sanggar seni sekar pandan telah meltih ratusan anak didik dan menjadi pusat pelestarian Seni dan Budaya Cirebon. Sanggar Seni Sekar Pandan juga telah banyak mendidik mahasiswa asing dari berbagai Negara.
   Heri menambahkan selain membuka kegiatan di dalam sanggar, kami juga mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah dalam kegiatan pengembangan kesenian tradisional mulai dari tingkat kanak-kanak sampai dengan tingkat perguruan tinggi.
Karakter Topeng Lima Wanda
   Berbagai budaya dan kesenian sangat beragam di kabupaten Cirebon. Satu di antranya adalah Topeng Lima Wanda. Topeng Lima wanda memiliki berbagai bentuk dan karakternya tersendiri. Kesenian Tari Topeng juga masih banyak di geluti dan di minati oleh masyarakat Cirebon. “saat ini, ada sekitar 60 sanggar di kabupaten Cirebon yang masih melestarikan kesenian tari topeng” ujar pak Heri selaku pengurus dan penanggung jawab sanggar seni Sekar Pandan saat di temui di area sekitar keraton kacirebonan. Di kabupten Cirebon, ada dua jenis topeng, yakni Topeng  Lima Wanda dan Topeng Lakon.
    Menurut pak Heri,Topeng Lima Wanda biasanya di tampilkan sendiri-sendiri, sedngkan topeng Lakon ditmpilkan lebih dari satu orang di sesuaikan dengan lakon atau tema yang di suguhkan.
   Dari sekian banyak penari  dan perajin topeng di Cirebon, berikut ini adalah ragam dari topeng Lima Wanda khas Cirebon:
1. Topeng Panji
   Topeng panji diibaratkan seperti bayi yang baru lahir dimana memiliki hati yang putih, bersih, dan tabularasa. Warna tari topeng panji adlh putih dan tidak memiliki banyak aksen atau polos.
   Pakaian tari topeng panji adalah serba putih dan gerakannya hemat serta sederhana. Tarin ini dikenal lebih sulit dan tenang meskipun diiringi musik dinamika. Makna tarian ini diibaratkan bagai manusia yang suci dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negative yang bersifat duniawi.
   “biasanya hanya muka dan tangan yang gerak. Kaki lebih sering diam. Banyaknya gerakan topeng panji sekitar 10 gerakan tetapi disesuaikan penarinnya sendiri,” ujar Karmina.
Menurutnya, Tarian Topeng Panji sudah semakin jarang karena kerkannya yang susah.
2. Topeng Rumyang
   Topeng ini berwarna pink yang menggambarkan manusia memasuki fase kehidupan remaja. Pada dahi hingga pipinya terdapat hiasan garis melengkung menyerupai rambut tipis. Tepat di tengah-tengah dahinya tampak ada hiasan menyerupai mahkota kecil.
   Tari topeng rumyang gerakannya tegas dan teksturnya rapih sesuai frekuensi nada. “secara keseluruhan sih gerakanya hampir sama dengan samba, hanya beda di watak saja,” kata pak Heri.
3. Topeng Tumenggung
   Topeng Tumenggung ini memiliki bentuk muka yang tampak gagah dan menggunakan aksen topi yang menggambarkan manusia memasuki fase dewasa. Gerakan Tumenggung itu mencerminkan kegagahan tangan dan kakinya.
4. Topeng Kelana
    Topeng kelana berwarna merah, memiliki kumis tebal,dan tatapan mata yang tajam. Topeng kelana dikenal sebagai tarian yang paling gagah di antara topeng-topeng lainya. Topeng ini memiliki arti kerakusan manusia. Gerakan topeng kelana ini cenderunglebih ekspresif tetapi menggambarkan manusia yang mampu mengontrol emosi dan amarahnya.
5. Topeng Samba
    Topeng samba berwarna putih, terdapat aksen pada bagian dahi yang menyerupai rambut. Topeng samba diibaratkan seperti kehidupan manusia saat memasuki fase biologis. Hal tersebut dapat tercermin dari gerakannya yang penuh keceriaan bahagia. Tariannya lucu, gesit, dan cetil menggambarkan sifat knak-kanak. “train topeng samba itu lembut tapi lincah. Biasanya ada sekitar 17 gerakan,” kata pak Heri kepada kelompok kita.
Pementasan Tari Topeng Cirebon
    Pementasan tari topeng sering diadakan di bale (panggung) atau tempat terbuka lainnya dengan penari berada di bagian tengahnya. Biasanya sebagai alat penerangannya menggunakan obor atau sinar bulan langsung dengan di iringi oleh musik khas Cirebon.
    Namun, kini tari topeng tersebut sudah berkembang dan dipentaskan di berbagai tempat untuk menarik pengunjung. Dihiasi dengan lampu-lampu sorot yang menawan dan dekorasi panggung yang menakjubkan. Dalam satu pementasan biasanya akan ada urutan dari tari topeng tersebut yang dimulai dari Tari Topeng Panji sampai Tari Topeng Kelana. Dari sejarah dan bentuk ekspetasi masing masing sangat mengesankan ya? Nggak ada jadwal pastinya dari pementasan tari topeng tersebut, jadi sahabat perlu mencari informasinya lebih dalam lagi untuk melihat pementasannya.
Simbol dan Makna Pada Tari Topeng Cirebon
  Merah berarti membara
  Putih berarti suci, sabar, baik dan mudah menangkap sesuatu penyajian
  Kuning berarti ingin memamerkan atau menonjolkan kejayaan
  Hitam berarti tidak banyak bicara dan bijaksana.

SUMBER : HTPP://///

0 Komentar